Logo Bloomberg Technoz

Resmi Ajukan Berkas, Singapura Umumkan 3 Kandidat Capres

News
22 August 2023 17:25

Tiga capres Singapura (Sumber: Bloomberg)
Tiga capres Singapura (Sumber: Bloomberg)

Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Departemen Pemilihan Singapura mengumumkan ada tiga kandidat yang akan bersaing dalam pemilihan presiden pada tanggal 1 September. Ketiganya telah mengajukan berkas pada Selasa (22/8/2023).

Ng Kok Song, Tan Kin Lian, dan mantan wakil perdana menteri Tharman Shanmugaratnam akan bersaing dalam pemilihan presiden (pilpres) yang digelar pertama dalam lebih dari satu dekade. Tahun ini, warga Singapura akan memilih untuk ketiga kalinya sejak amandemen konstitusi tahun 1991 mengubah jabatan tersebut menjadi jabatan yang dipilih secara publik.

Para kandidat sepakat untuk berkampanye "dengan cara yang terhormat, layak, dan sesuai dengan posisi presiden sebagai kepala negara dan simbol persatuan nasional," kata Departemen Pemilihan Singapura dalam pernyataannya.

Suasana pusat kota Singapura. (Dok Bloomberg)

Ng Kok Song, chairman Avanda Investment Management, berjanji akan melindungi cadangan kekayaan nasional jika terpilih. Pria berusia 75 tahun ini mengatakan bahwa dia memiliki kemampuan untuk "menjunjung tinggi integritas penunjukan pelayan publik."