Logo Bloomberg Technoz

Studi Awal: Vaksin Moderna Ampuh Lawan Covid-19 Varian Eris

News
18 August 2023 10:50

Vaksin yang disuntikan untuk masyarakat. Fotografer: Noriko Hayashi/Bloomberg
Vaksin yang disuntikan untuk masyarakat. Fotografer: Noriko Hayashi/Bloomberg

Ike Swetlitz - Bloomberg News

Bloomberg, Vaksin Covid-19 terbaru dari Moderna Inc. memberikan perlindungan terhadap dua varian virus yang termasuk yang paling ditemukan di Amerika Serikat (AS). Hal ini merupakan studi awal yang dilakukan oleh perusahaan.

Vaksin tersebut secara signifikan meningkatkan antibodi guna melawan virus Covid-19 varian EG.5 (Eris) dan FL.1.5.1, Moderna mengatakan dalam sebuah pernyataan, mengutip data uji klinis yang tidak dipublikasikan. Varian-varian tersebut mendominasi 26% dari kasus Covid di AS awal bulan ini, menurut perkiraan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Pada bulan Juni lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyarankan para produsen vaksin membuat vaksin yang mampu melawan varian XBB.1.5, yang pada saat itu merupakan jenis yang dominan. Sebelumnya pada bulan Agustus lalu, varian itu hanya mencakup lebih dari 10% kasus, menurut perkiraan CDC.

Vaksin yang telah diperbarui ini sedang dalam peninjauan FDA. Jika disetujui, vaksin ini akan tersedia dalam beberapa minggu, kata perusahaan tersebut.