Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Mereda, Harga Sarapan di Inggris Kini Lebih Murah

News
17 August 2023 18:10

Ilustrasi English Breakfast sarapan ala Inggris (Bloomberg)
Ilustrasi English Breakfast sarapan ala Inggris (Bloomberg)

Katie Linsell, Bloomberg News

Bloomberg, Menu sarapan lengkap di Inggris turun harga untuk kedua kalinya sejak Bloomberg memulai indeks bulanan yang mengukur biaya bahan-bahan makanan setahun lalu. Harga total semua komponen dalam hindangan turun sebesar 20 pence (26 sen) menjadi 35.58 poundsterling pada bulan Juli. 

Bloomberg Breakfast Index menggunakan ukuran produk yang diberikan oleh Kantor Statistik Nasional untuk menghitung harga sosis, bacon, telur, roti, mentega, tomat, jamur, susu, teh, dan kopi. “Banyak keluarga akan merasa sarapan mereka lebih murah, dengan penurunan harga dalam teh, kopi, susu, sereal, dan buah,” kata CEO Konsorsium Ritel Britania.

Meskipun begitu, turunnya biaya masih jauh di atas posisinya setahun yang lalu, dan harga total yang lebih rendah dari pada bulan Mei, menunjukkan bahwa penurunan harga bisa berfisat sementara dan inflasi pangan cenderung tetap tinggi di Inggris.

Indeks harga menu sarapan di Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Sebagian besar kategori dalam indeks mengalami penurunan harga dibandingkan bulan sebelumnya, kecuali sosis, telur, dan bacon. Harga rata-rata bahan-bahan ini turun sebesar 1.2% dari bulan Juni, dibandingkan dengan kenaikan 0,7% dari bulan sebelumnya.