Logo Bloomberg Technoz

Aktivis Lingkungan Tuntut Menteri Afsel Karena Diam Atasi Polusi

News
17 August 2023 13:35

ArcelorMittal South Africa. (Dok: Bloomberg)
ArcelorMittal South Africa. (Dok: Bloomberg)

Antony Sguazzin—Bloomberg News

Bloomberg, Aktivis lingkungan asal Afrika Selatan, the Vaal Environmental Justice Alliance and groundWork, menuntut sejumlah pejabat di negara tersebut, termasuk Menteri Lingkungan Hidup karena tidak melakukan tindakan apapun kepada perusahaan yang diduga menyumbang polusi udara.

Pengajuan gugatan  Vaal dan groundWork ke pengadilan tinggi termasuk ditujukan kepada petugas kualitas udara nasional dan unit lokal ArcelorMittal SA. Dalam pernyataannya, para aktivis menuduh pemerintah tidak bertindak tegas untuk mencegah penyebaran emisi polutan ArcelorMittal South Africa Ltd., termasuk zat hidrogen sulfida dari pabrik baja terbesar di Vanderbijlpark, sebelah selatan Johannesburg, Afsel.

Gugatan ini menjadi bagian terkiat atas kasus sebelumnya, yang dimenangkan oleh para aktivis–termasuk groundWork— pada tahun 2022, yang melawan pemerintah. Tahun lalu aktivis melakukan advokasi terhadap polusi udara dari pembangkit listrik tenaga batu bara milik Eskom Holdings SOC Ltd. dan Sasol Ltd. 

Atas kasus tersebut, Hakim Pengadilan Tinggi Colleen Collis memutuskan bahwa Menteri Lingkungan Hidup Barbara Creecy secara konstitusional wajib menghadirkan dan menegakkan aturan, serta memastikan udara yang lebih bersih. Atas putusan ini pemerintah telah mengajukan banding.