Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Minta MIND ID Tambah Kepemilikan Saham Vale Indonesia

Rezha Hadyan
07 February 2023 13:29

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Holding BUMN pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) akan menambah porsi kepemilikan sahamnya di PT Vale Indonesia Tbk. sesuai dengan arahan pemerintah.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (Ratas) bersama yang digelar beberapa waktu lalu memutuskan bahwa porsi saham Vale Indonesia yang dikuasai negara harus ditambah. Rencana tersebut sejalan dengan fokus pemerintah melakukan hilirisasi tambang.

"Sikap kita mengenai Vale Indonesia berdasarkan Ratas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi putusannya adalah porsi [saham] yang dikuasai oleh negara harus dibesarkan melalui MIND ID," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Senin (6/2/2023).

Sebagai catatan, penambahan porsi kepemilikan saham pemerintah merupakan kelanjutan sisa kewajiban divestasi 51% Vale Indonesia sebagai syarat peralihan status kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Izin wilayah operasi tambang nikel perusahaan tersebut akan berakhir pada 28 Desember 2025 mendatang.

Hendi tidak menyebutkan persentase penambahan porsi saham pemerintah di Vale Indonesia. Namun yang jelas, penambahan tersebut sifatnya adalah konsolidasi.