Logo Bloomberg Technoz

Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Capai 4.000, Bantuan Mulai Datang

News
07 February 2023 13:02

Situasi Usai Gempa Bumi di Turki (Sumber: Bloomberg)
Situasi Usai Gempa Bumi di Turki (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, JakartaKorban tewas gempa di Turki dan Suriah terus bertambah sedikitnya mencapai 4.000. Bantuan dari luar negeri pun mulai dikerahkan ke Turki pada Selasa (07/02/2023).

Mengutip Bloomberg News, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan tim penyelamat dari Rumania, Swiss, Azerbaijan, dan Lebanon telah dikirim ke zona gempa. Media China mengatakan pemerintah akan menawarkan bantuan sebesar 40 juta yuan (Rp 89 miliar).

Kementerian pertahanan Turki mengatakan militer telah mulai mengevakuasi korban luka-luka dengan kapal angkatan laut dari pelabuhan Iskenderun di timur Mediterania sambil mendirikan rumah sakit lapangan di zona gempa.

Kantor berita Turki, Anadolu melaporkan satu pesawat militer berisi para korban gempa telah tiba di Istanbul. Adapun lebih dari 330.000 korban gempa telah dipindahkan ke asrama dan kampus universitas.

Pesawat militer Turki mengangkut korban gempa (Sumber: tangkapan layar Twitter)

Gempa bumi yang terjadi jelang malam hari, Senin (06/02/2023) itu berkekuatan 7,7 magnitudo dan mengguncang Kota Gaziantep, Turki. Gempa susulan berkekuatan 7,6 magnitudo terjadi sembilan jam setelahnya.