Logo Bloomberg Technoz

Cerita Orang Terkaya ke-90 Dunia 'Nyangkut' di Waskita (WSKT)

Muhammad Julian Fadli
12 August 2023 11:07

Waskita Karya. (Tangkapan Layar via Twitter @waskita_karya)
Waskita Karya. (Tangkapan Layar via Twitter @waskita_karya)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sengkarut di PT Waskita Karya Tbk (WSKT) bukan hanya soal utang kepada kreditur lembaga keuangan bank maupun nonbank. Emiten BUMN Karya ini juga tercatat memiliki tagihan kepada vendor yang belum dilunasi.

Berdasarkan laporan keuangan semester I-2023, WSKT mencatat total liabilitas Rp84,31 triliun. Jumlah utang tersebut naik 9,2% dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Dalam tumpukan liabilitas itu, sebanyak Rp7,18 triliun adalah utang usaha, termasuk juga utang kepada pemasok mencapai Rp4,18 triliun dan kepada sub kontraktor mencapai Rp2,25 triliun.

Selanjutnya utang usaha yang tercatat sebagai sewa alat sebesar Rp352,88 miliar, upah pekerja yang dicatatkan sebagai utang Rp201,56 miliar dan lain-lain sebesar Rp190,99 miliar.

Menariknya, terdapat nama perusahaan ArcelorMittal, yang merupakan perusahaan produsen baja dan pertambangan terintegrasi yang terkemuka di dunia. Perusahaan ini memproduksi beragam produk baja berkualitas tinggi yang telah selesai maupun yang belum sempurna.