Logo Bloomberg Technoz

Respons Waskita (WSKT) Soal Efek Tersembunyi Dilusi di WSBP

Mis Fransiska Dewi
11 August 2023 15:10

Waskita Karya. (Tangkapan Layar via Twitter @waskita_karya)
Waskita Karya. (Tangkapan Layar via Twitter @waskita_karya)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten BUMN Karya, PT Waskita Karya Tbk (WSKT), buka suara terkait berkurangnya porsi kepemilikan saham di PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Perusahaan kini mengandalkan posisinya sebagai pengendali di anak usahanya tersebut.

Ermy Puspa Yuniat, SVP Corporate Secretary WSKT menjelaskan, dilusi yang dialmi merupakan imbas implementasi perjanjian perdamaian (homologasi). Jumlah yang terdilusi sesuai dengan skema konversi ekuitas dalam perjanjian.

Namun, WSKT telah memegang hasil persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS), di mana perusahaan memiliki saham seri A. Seri ini memiliki klasifikasi saham preferen, yang memastikan laporan keuangan WSBP terkonsolidasi dengan WSKT melalui status pengendalian.

"Pengendalian diantaranya adalah memberikan hak istimewa hanya kepada perseroan. Sehingga, hak dan kewenangan perseroan sebagai pengendali akan tetap melekat terlepas adanya perubahan dalam komposisi pemegang saham pasca konversi ekuitas," terang Ermy.

Ia menambahkan, konversi ekuitas tersebut membuat beban utang WSBP kini berkurang. Pengurangan ini turut menurunkan beban bunga. "Kami berharap WSBP dapat memperbaiki kinerjanya melalui optimalisasi produksi serta ekspansi pasar precast," imbuh Ermy.