Logo Bloomberg Technoz

Gempa Besar Guncang Turki, Erdogan dan Anak Buahnya Berjibaku

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 February 2023 14:27

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Bloomberg)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan segera mengerahkan seluruh kementerian dan lembaga negara ke daerah yang terdampak gempa Turki berkekuatan 7,4 magnitudo terutama yang terjadi di Provinsi Kahramanmaras. 

Erdogan mengatakan, Badan Manajemen Bencana dan Situasi Darurat Turki atau Afet ve Acil Durum Yönetimi Başkanlığı (AFAD) bersama dengan kepala daerah, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan sejumlah lembaga lembaga lainnya sudah turun menuju lokasi terdampak.

"Semua unit terkait bersiaga di bawah koordinasi AFAD," kata Erdogan melalui akun Twitter-nya yang dikutip Senin (6/2/2023).

Erdogan mengatakan, pada tahap awal, seluruh tim akan terlibat dalam proses pencarian dan penyelamatan para korban di lokasi. Setelah itu, pemerintah akan memulai langkap-langkah pemulihan. Hal ini diharapkan mampu membantu para korban segera melewati masa berat dan meminimalisir dampak dari bencana gempa tersebut.

"Kami juga mengoordinasikan pekerjaan yang dimulai setelah gempa. Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling kecil, dan kami melanjutkan pekerjaan kami," kata Erdogan.