Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Tempatkan Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri di RSUD

Ezra Sihite
03 August 2023 08:10

Seorang dokter wanita berkacamata dan sarung tangan pelindung membaca hasil X-Ray paru-paru
Seorang dokter wanita berkacamata dan sarung tangan pelindung membaca hasil X-Ray paru-paru

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 16 dokter warga negara Indonesia (WNI) sudah mulai melakukan Program Adaptasi Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri. Kementerian Kesehatan menyatakan, mereka mulai mengabdi di berbagai wilayah di Indonesia sampai pertengahan 2023.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Ariyanti Anaya mengatakan, seluruh dokter yang telah dievaluasi kompetensi oleh komite bersama dan dinyatakan kompeten akan ditempatkan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai perencanaan kebutuhan nasional.

“Ini 100% tercapai pada triwulan pertama dan kedua itu sungguh luar biasa. Kami tentu sangat senang dan bangga serta berharap agar kedepannya bisa terus ditingkatkan,” kata Dirjen Ariyanti sebagaimana keterangan resmi Kemenkes dikutip Kamis (3/8/2023). 

Arianti melanjutkan, dokter peserta apresiasi berjumlah 16 orang terdiri dari 3 dokter Orthopedi Traumatologi, 3 dokter penyakit dalam, 4 dokter Obstetri Ginekologi, 1 dokter mata, 4 dokter Dermatologi dan Venereologi, dan 1 dokter anak. Seluruhnya telah ditempatkan di antara 16 RSUD yang ada dalam daftar.

“Semuanya sudah dapat penempatan, sehingga para dokter bisa memberikan pelayanan spesialis yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah,” kata dia.