Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Sebut Prospek Inflasi AS Positif

News
31 July 2023 09:00

Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)
Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)

Victoria Cavaliere - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank Minneapolis Neel Kashkari mengatakan prospek inflasi di Amerika Serikat (AS) cukup positif meskipun pengetatan moneter agresif bank sentral untuk meredam inflasi bisa mengakibatkan hilangnya lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat.

Kashkari memberikan tanggapan ini pada Minggu (30/07/2023) usai data utama yang menunjukkan inflasi AS mulai melandai dari puncaknya pada pandemi, pertumbuhan ekonomi pun tetap stabil dan konsumen terus berbelanja bahkan meski the Fed menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 22 tahun.

"Kita terus dikejutkan dengan betapa tangguhnya ekonomi AS," kata Kashkari di CBS Face the Nation. "Skenario dasarnya adalah kita akan mengalami perlambatan ekonomi, tetapi kita akan terhindar dari resesi."

Meskipun hilangnya pekerjaan yang meluas atau penurunan upah belum terjadi, beberapa pelemahan di sektor ini diperkirakan akan terjadi. “Saya pribadi tidak berpikir itu realistis, bahwa kita akan mengakhiri siklus inflasi ini tanpa penurunan ke pasar tenaga kerja.”