Logo Bloomberg Technoz

CoinsPaid Kena Hack Rp555 M, Diduga Serangan dari Grup Lazarus

News
29 July 2023 19:00

Bitcoin (Sumber: Bloomberg)
Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

Ott Tammik & Aaron Eglitis - Bloomberg News

Bloomberg  - CoinsPaid, penyedia pembayaran kripto terbesar di dunia, melaporkan peretasan senilai US$37 juta atau sekitar Rp555 miliar yang dikaitkan dengan Grup Lazarus Korea Utara kepada polisi Estonia.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa polisi memang telah dihubungi, tetapi kami saat ini tidak dapat membagikan informasi tambahan kepada publik," kata juru bicara kepolisian Kaarel Kallas melalui email.

CoinsPaid, yang memfasilitasi pembayaran crypto untuk kasino online, pada 26 Juli mengatakan mencurigai Grup Lazarus, grup peretasan yang terkait dengan Korea Utara, berada di balik serangan itu. Peretasan itu terjadi setelah dugaan pencurian crypto senilai US$100 juta dari Atomic Wallet yang menurut polisi Estonia sedang diselidiki pada bulan Juni. Kerusakan akibat peretasan crypto naik ke rekor US$3,8 miliar pada tahun 2022 di tengah lonjakan serangan yang terkait dengan Korea Utara, menurut Chainalysis Inc.

CoinsPaid yang berbasis di Tallinn mengatakan tidak ada dana pelanggan yang terpengaruh oleh peretasan, sementara perusahaan mengalami penurunan pendapatan yang tidak ditentukan. Perusahaan memiliki 230 karyawan.