Logo Bloomberg Technoz

Biden dan Putranya Dituduh Terima Suap dari Pengusaha Ukraina

News
21 July 2023 10:20

Joe Biden dan putranya, Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)
Joe Biden dan putranya, Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)

Chris Strohm - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan putranya, Hunter tengah menghadapi tuduhan menerima suap dari pengusaha di Ukraina. Hal ini diungkapkan oleh seorang senator dari Partai Republik Chuck Grassley dengan mengacu pada dokumen FBI.

FBI pada Kamis (20/07/2023) merilis dokumen terkait hal itu, yaitu FD-1023, di mana bukti suap yang dibayarkan oleh pengusaha Ukraina itu ke Biden dan Hunter tidak sejelas seperti yang digambarkan oleh Grassley.

Para pimpinan Partai Republik di DPR AS mengklaim dokumen tersebut sebagai bukti bahwa Biden dan putranya masing-masing dibayar US$5 juta sebagai suap ketika Biden yang menjadi wakil presiden. Suap itu adalah untuk membantu menyingkirkan kepala jaksa Ukraina yang sedang menyelidiki Burisma, perusahaan dari Ukraina.

Dokumen tersebut, meski demikian, tidak benar-benar membuat klaim itu. Dokumen itu berisi file dari akhir 2015 hingga Juni 2022 yang disampaikan oleh sumber rahasia kepada FBI. Sumber itu mengaku melakukan percakapan dengan pengusaha Ukraina Mykola Zlochevsky, yang mengatakan dirinya dipaksa untuk menyuap Biden.