Logo Bloomberg Technoz

Bursa Kripto Indonesia Resmi Berdiri, Pertama di Dunia

Roy Franedya
20 July 2023 17:50

Ilustrasi koin digital kripto. (dok Bloomberg)
Ilustrasi koin digital kripto. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia akhirnya memiliki bursa kripto dan jadi yang pertama di dunia yang disponsori pemerintah. Namanya PT Bursa Komoditi Nusantara. Pendirian bursa kripto Indonesia ini berdasarkan Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-BBAK/07/2023 tertanggal 17 Juli 2023 tentang Persetujuan Sebagai Bursa Berjangka Aset Kripto.

Langkah Bappepti ini menjadikan Indonesia yang pertama memiliki bursa kripto di Dunia yang diinisiasi oleh pemerintah.  Bappebti, yang merupakan lembaga di bawah Kementerian Perdagangan, ditunjuk menjadi lembaga yang bertanggung jawab atas bursa kripto. Di negara lain, perdangangan aset kripto dilakukan oleh perusahaan yang menjadi agen penukaran (crypto exchange). 

Selain itu, Bappebti menunjuk PT Kliring Berjangka Indonesia sebagai lembaga kliring berjangka untuk penjaminan dan penyelesaian perdagangan pasar fisik aset kripto. PT Tennet Depository Indonesia akan bertindak sebagai pengelola tempat penyimpanan aset kripto.

“Pembentukan bursa, kliring, dan pengelola tempat penyimpanan aset kripto tersebut sebagai bukti pemerintah hadir dalam upaya menciptakan ekosistem perdagangan aset kripto yang wajar dan adil untuk menjamin kepastian hukum dan mengutamakan perlindungan bagi masyarakat sebagai pelanggan,” ungkap Kepala Bappebti Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko dalam keterangan resmi, Kamis (20/7/2023).

Dalam pengembangan dan penguatan bursa kripto Indonesia, kliring, dan pengelola tempat penyimpanan aset kripto, Bappebti tidak bekerja sendiri. Bappebti membutuhkan kolaborasi dari kementerian/lembaga terkait, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan serta masyarakat luas.

Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)