Logo Bloomberg Technoz

Kapal Selam AS Bersenjata Nuklir Tiba Saat Korsel-Korut Tegang

News
18 July 2023 18:15

Kapal selam USS Michigan yang tiba di Busan, Korea Selatan pada 2017. (Sumber: Bloomberg)
Kapal selam USS Michigan yang tiba di Busan, Korea Selatan pada 2017. (Sumber: Bloomberg)

Sangmi Cha dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Kapal selam Amerika Serikat (AS) yang kemungkinan membawa senjata nuklir tiba di pelabuhan Korea Selatan (Korsel). AS dan Korsel sebelumnya mengadakan pertemuan pertama Kelompok Konsultatif Nuklir (Nuclear Consultative Group/NCG) untuk mencegah Korea Utara (Korut) menggunakan persenjataan atomnya.

Menurut sebuah pernyataan dari militer AS, kapal selam rudal balistik, USS Kentucky sudah tiba di Busan pada Selasa (18/7/2023). 

Sementara itu mengenai pertemuan pertama kelompok yang digelar pada Selasa (18/7/2023) di Seoul, Kurt Campbell, Koordinator Gedung Putih untuk Urusan Indo-Pasifik mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menegaskan komitmen. Dia menambahkan, komitmen tidak hanya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas, tetapi untuk memastikan bahwa pencegahan nuklir kami tetap kuat, kukuh, dan dapat diandalkan. Hal itu disampaikan kepada wartawan di Seoul.

Kelompok Konsultatif Nuklir dibentuk dari pertemuan puncak antara Biden dan Yoo di Washington. Korsel terus berupaya mendekatkan diri ke AS, termasuk dalam sektor pertahanan.