Logo Bloomberg Technoz

Menkominfo Budi Arie Sebut Teknologi Digital Dikuasai Google Cs

News
18 July 2023 14:55

Menkominfo, Budi Arie Setiadji saat serah terima jabatan. (Tangkapan Layar via Youtube Kemkominfo TV)
Menkominfo, Budi Arie Setiadji saat serah terima jabatan. (Tangkapan Layar via Youtube Kemkominfo TV)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika baru Budi Arie Setiadi berjanji mewujudkan visi Indonesia baru dari Presiden Joko Widodo di bidang teknologi digital dan komunikasi. Hal ini disampaikannya pada acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).

Menteri Budi Arie menjelaskan ekosistem teknologi digital terus berkembang seperti hadirnya Internet of Things (IoT), cloud computing, blockchain hingga artificial intelligence atau kecerdasan buatan serta data science. Menurut dia, Pemerintah memberikan perhatian penuh menyiapkan anak bangsa agar mampu menguasai teknologi digital terbaru itu.

“Jadi bagaimana tantangan kita bangsa ini ke depan adalah soal data science, karena cikal bakal AI itu adalah di kemampuan anak bangsa untuk menjadi data science kedepan karena apps mungkin akan tergeser oleh data,” tegasnya, seperti dikutip Selasa (18/7/2023).

Menkominfo menyontohkan langkah negara maju seperti Amerika Serikat dan China yang telah menyiapkan ekosistem sumber daya manusia di bidang teknologi digital. Oleh karena itu, Menteri Budi Arie mengharapkan agar Indonesia tidak hanya sebatas menjadi penonton.

Pelantikan Budi Arie Setiadji sebagai Menkominfo Sisa Masa Jabatan 2019-2024 oleh Presiden Jokowi. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

“Sekarang Amerika dan China sedang bertarung dan kita mudah-mudahan Indonesia tidak saja menjadi penonton. Walaupun sekarang ini tetap saja teknologinya soal lain-lain masih dikuasai oleh Amazon, Web Service dan Google. Ini juga kita perlu tantangan sebagai anak bangsa,” jelas dia.