Logo Bloomberg Technoz

Dewan Etik Golkar Periksa Pencetus Munaslub Lengserkan Airlangga

Fransisco Rosarians Enga Geken
18 July 2023 10:55

Logo Partai Golkar. (Dok. Golkar)
Logo Partai Golkar. (Dok. Golkar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Etik Partai Golkar memanggil dan memeriksa tiga kadernya yang mewacanakan penyelenggaraan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) secara bertahap. Mereka dinilai menimbulkan kegaduhan di internal partai berlambang pohon beringin tersebut karena mengusung ide melengserkan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Dewan etik sendiri sudah memeriksa Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI), Lawrence Siburian, Senin (17/7/2023). Pemeriksaan tertutup tersebut berlangsung pukul 10.00-13.00 di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat.

“Kita juga mendengar, melihat hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip etika. Dan kita lihat itu ada sesuatu yang tidak cocok, kita akan panggil, kita akan undang dulu. Jadi tidak harus selalu ada laporan,” kata Ketua Dewan Etik Partai Golkar, Muhammad Hatta seperti dikutip, Selasa (18/7/2023).

Usai Lawrence, Dewan Etik akan memanggil dan memeriksa anggota Dewan Pakar Ridwan Hisjam, hari ini. Seperti Lawrence, Hisjam juga melontarkan ide Munaslub yang seolah-olah berasa dari rapat pleno Dewan Pakar di kediaman Agung Laksono.

“Kita juga memberikan masukan dan saran agar itu tidak meluas menjadi ruang konflik di wilayah publik. Itu intinya,” kata Hatta.

Pertemuan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)