Logo Bloomberg Technoz

5 Tahun Lagi IKN Akan Cari Sumber Dana Baru

Krizia Putri Kinanti
02 February 2023 13:46

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyebut bahwa lima tahun dari sekarang, pihaknya akan mencari sumber pendanaan lain untuk pembangunan IKN di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan investor.

Sumber-sumber pembiayaan lain dinilai penting karena pihaknya ingin melakukan berbagai eksplorasi dalam pengembangan IKN.

"Pasti akan kita eksplor karena itu kami ingin menggunakan dana diluar dana konvensional. Misalnya creative financing mungkin, filantropis mungkin, salah satu bentuk obligasi bond," ujarnya dalam acara Mandiri Investment Forum 2023, Kamis (2/2/2023).

Bambang menambahkan, bahwa ia ingin IKN dibangun reputasi yang kuat dengan konsep ESG (Environment, Social, and Governance). Oleh sebab itu skema pembiayaan hijau menjadi opsi otoritas untuk menyaring dana dari investor, seperti menerbitkan obligasi hijau, obligasi biru, bahkan opsi tematik seperti perdagangan karbon.

Menurutnya, penegakan tata kelola yang yang baik akan menjaga reputasi dan kredibilitas IKN. Implementasi ESG yang baik dinilai akan sangat menentukan keberhasilan pembangunan IKN.