Logo Bloomberg Technoz

Cadangan Emas Turki Capai Rekor, Warga Berlomba Borong

News
02 February 2023 12:25

Seorang pekerja memeriksa emas yang dipajang di etalase toko perhiasan di Istanbul, Turki, Rabu (2/6/2021). (Nicole Tung/Bloomberg)
Seorang pekerja memeriksa emas yang dipajang di etalase toko perhiasan di Istanbul, Turki, Rabu (2/6/2021). (Nicole Tung/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Turki muncul sebagai negara pemborong emas terbesar selama 2022 lalu menyusul lonjakan inflasi gila-gilaan di negeri Attaturk itu.

Langkah bank sentral Turki memborong emas secara agresif setahun terakhir tidak bisa dilepaskan dari upaya negara itu bertahan di tengah lonjakan inflasi yang menembus 85% pada tahun lalu. 

Kini, tingkat inflasi Turki sudah sedikit menurun ke level 64%, akan tetapi angka itu masih luar biasa tinggi dibandingkan inflasi di negara-negara lain. Alhasil, warga Turki juga berbondong-bondong memborong emas sebagai langkah perlindungan aset dari ketidakpastian geopolitik dan tekanan biaya hidup yang merajalela.

Cadangan emas bank sentral Turki menurut catatan World Gold Council yang dirilis Selasa (1/2/2023), mencapai 542 ton, naik 148 ton. Permintaan emas perhiasan di dalam negeri juga naik tinggi hingga 32% year-on-year pada kuartal terakhir 2022.

“Walau harga emas lokal di Turki naik selama kuartal akhir tersebut, inflasi yang tinggi mendorong penduduk memborong emas untuk alasan investasi jangka panjang,” jelas World Gold Council dalam laporannya.