Logo Bloomberg Technoz

Relokasi ke Kertajati, Maskapai Bisa Cuan tetapi Banyak Tantangan

Krizia Putri Kinanti
13 July 2023 19:30

Bandara Kertajati siap digunakan untuk keberangkatan haji (Dok Humas Kemenhub)
Bandara Kertajati siap digunakan untuk keberangkatan haji (Dok Humas Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Bandara Internasional Kertajati dinilai masih memiliki peluang untuk bisa dimaksimalkan dan menguntungkan bisnis maskapai penerbangan, dengan sejumlah catatan.

Pengamat penerbangan Gatot Raharjo mengatakan maskapai bisa mendulang cuan jika beroperasi di bandara yang terletak di Majalengka, Jawa Barat itu asalkan akses sarana transportasi menuju ke sana ditambah. Jalan tol Cileunyi—Sumedang—Dawuan (Cisumdawu) saja dinilainya tidak cukup.

Menurutnya, potensi pasar penumpang maskapai dari dan ke Bandara Kertajati sebenarnya cukup besar. Tidak hanya dari masyarakat di Bandung, tetapi juga wilayah Jabar lainnya mulai dari Majalengka hingga ke Cirebon yang semuanya cenderung mengarah ke kawasan Kertajati.

“Potensinya besar cuma harus dibantu beberapa hal, terutama akses dari Bandung ke Bandara Kertajati sendiri. Sekarang ada Jalan Tol Cisumdawu, tetapi selain tol, harus ada angkutan umumnya kayak bus kalo bisa sih dibuat kereta api,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (13/7/2023).

Jalan Tol Cisumdawu yang akan menjadi salah satu akses Bandara Kertajati. (Dok. KemenPUPR)

Belajar dari Kualanamu