Logo Bloomberg Technoz

Pembagian PI Blok Masela dengan Petronas, Ini Kata Pertamina

Rezha Hadyan
04 July 2023 14:30

Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia./Bloomberg-Charles Pertwee
Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia./Bloomberg-Charles Pertwee

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) masih bungkam terkait dengan detail kelanjutan rencana pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela, setelah Petroliam Nasional Berhad atau Petronas bergabung dalam konsorsium pengelolaan ladang gas di Laut Arafura tersebut. 

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengutarakan finalisasi kesepakatan masih berlangsung. Perusahaan juga belum dapat mengungkapkan berapa tepatnya porsi pembagian hak partisipasi atau participating interest (PI) antara Pertamina dan Petronas dalam pengelolaan Blok Masela.

“Kami sampaikan nanti saat sudah selesai semua prosesnya,” ujarnya saat dimintai konfirmasi oleh Bloomberg Technoz, Selasa (4/7/2023).

Bagaimanapun, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebelumnya sudah memastikan Petronas akan ikut mengelola Blok Masela bersama Pertamina.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengungkapkan perusahaan migas asal Malaysia itu akan mendapatkan bagian dari 35% hak PI Blok Masela yang sebelumnya dipegang Shell Upstream Overseas.