Logo Bloomberg Technoz

Amman Mineral (AMMN) Kurangi Emisi IPO, Raup Dana Segar Rp10,7 T

Dityasa Hanin Forddanta
03 July 2023 08:20

Truk pengangkut mineral pertambangan emas dan tembaga milik Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)
Truk pengangkut mineral pertambangan emas dan tembaga milik Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proses initial public offering (IPO) PT Amman Mineral Internasional Tbk memasuki tahap akhir. Perusahaan telah menetapkan harga pelaksanaan dan jumlah emisi yang diterbitkan.

Dikutip dari prospektus perusahaan, Senin (3/7/2023), entitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) itu menetapkan harga pelaksanaan RpRp1.695/saham.

Amman melepas 6,33 miliar saham. Jumlah emisi ini lebih kecil dari target sebelumnya, maksimal 7,29 miliar saham. Meski begitu, IPO Amman Mineral Internasional masih menjadi emisi terbesar tahun ini, dengan nilai emisi Rp10,73 triliun.

Perusahaan tambang yang didirikan oleh Agoes Projosasmito itu akan mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) menggunakan kode saham (ticker) AMMN. Listing dijadwalkan pada 7 Juli 2023.

AMMN akan menggunakan dana hasil IPO sebesar Rp1,78 truliun sebagai setoran modal kepada Amman Mineral Industri (AMIN). AMIN kemudian akan menggunakan modal ini untuk pembangunan smelter di Nusa Tenggara Barat (NTB).