Logo Bloomberg Technoz

China Kian Pesimistis, Industri Baja Bakal Lesu Semester II-2023

News
30 June 2023 17:30

Ilustrasi baja. (Andrey Rudakov/Bloomberg)
Ilustrasi baja. (Andrey Rudakov/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Kinerja industri baja global berpotensi kian melembam pada semester II-2023, setelah para produsen di China memproyeksikan tekanan dari sisi permintaan yang kian berat pada paruh kedua tahun ini.

Para produsen baja terbesar China memperingatkan industri logam tersebut akan menghadapi masa yang menantang akibat permintaan yang mengecewakan, profitabilitas merosot, serta tekanan untuk memangkas biaya di antara produsen utama dunia.

Perwakilan industri baja dari China –Baowu Steel Group Co., Ansteel Group Co., Hesteel Co. dan Hunan Iron & Steel Group Co.– mengatakan mereka pesimistis tentang prospek enam bulan mendatang. Hal itu disampaikan oleh Asosiasi Besi & Baja China (CISA) setelah empat perusahaan itu hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh Badan Industri pekan ini.

Ilsutrasi baja. (Qilai Shen/Bloomberg)

"Titik balik puncak untuk permintaan baja telah muncul, sementara masalah konsumsi pengguna akhir yang tidak mencukupi, dan margin tipis yang sedang berlangsung sangat menonjol," kata CISA dalam sebuah pernyataan, mengutip kuartet perusahaan.