Logo Bloomberg Technoz

Eksekutif Google Sebut AI Bisa Bantu Perangi Perubahan Iklim

News
29 June 2023 18:20

Ilustrasi kecerdasan buatan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi kecerdasan buatan (Sumber: Bloomberg)

Curtis Heinzl - Bloomberg News

Bloomberg, Kecerdasan buatan atau AI berpotensi mempercepat inovasi yang bisa mengubah dunia, seperti energi bersih "tanpa batas" dan model meteorologi yang lebih baik. Eksekutif Google DeepMind, Colin Murdoch, mengatakan inovasi tersebut bisa membantu manusia menghadapi dampak perubahan iklim.

"Kami menggunakan AI untuk memprediksi cuaca, sebuah alat memprediksi cuaca yang jauh lebih akurat untuk membantu komunitas dan perusahaan di seluruh dunia beradaptasi dengan cuaca yang semakin ekstrem," kata Murdoch, kepala bisnis unit AI di Alphabet Inc., pada BNN Bloomberg Television.

Murdoch, yang berkunjung ke Toronto untuk menghadiri konferensi teknologi Collision, juga memuji kerja sama antara Google DeepMind dan University of Toronto dalam ilmu pengobatan. Para peneliti menggunakan AI untuk lebih memahami protein dalam tubuh manusia dalam upaya memajukan pengobatan kanker hati.

Menurut Murdoch, kecerdasan buatan membutuhkan regulasi, namun harus digunakan dengan bijaksana. "AI adalah sebuah teknologi yang sangat kuat sehingga kita harus berhati-hati," katanya. "Kami menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan regulasi yang paling efektif. Regulasi yang memungkinkan adanya inovasi."