Logo Bloomberg Technoz

Cuaca Buruk Halangi Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Yalimo

News
24 June 2023 16:50

Cuaca Buruk Halangi Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Yalimo (Dok.Polda Papua)
Cuaca Buruk Halangi Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Yalimo (Dok.Polda Papua)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim evakuasi gabungan TNI-Polri bersama Tim Sar melakukan proses evakuasi jatuhnya pesawat Sam Air PK - SMW di Distrik Welarek Kabupaten Yalimo, Sabtu (23/6).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, menjelaskan evakuasi tersebut dipimpin oleh Marinus B. Ohoirat selaku KA Ops Basarnas Jayapura dengan jumlah personel SAR Gabungan berjumlah 14 orang menggunakan Heli Caracal HT- 7201 dengann Mayor PNB Arif sebagai pilot dan co pilot Lettu Taufik.

“Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 13.15 WIT setelah para personel telah selesai melakukan persiapan dan mengecek kelengkapan keselamatan masing-masing anggota yang selanjutnya bergeser ke titik jatuhnya pesawat,” jelas Ignatius dalam keterangan resmi.

Ia menambahkan, saat tim bergeser ke titik lokasi menggunakan Helliy Carakal HT- 7201, tim evakuasi menghadapi kendala akibat cuaca buruk. Alhasil evakuasi pun ditunda dan seluruh tim mendarat kembali ke Bandara Wamena.

“Karena terkendala cuaca yang buruk di sekitar titik lokasi jatuhnya Pesawat Sam Air PK – SMW, personel mengambil tindakan untuk tidak melanjutkan pencarian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga diputuskan untuk dilanjutkan besok pagi, Minggu (25/6),” ungkapnya.