Logo Bloomberg Technoz

Layanan Transjakarta ke Bandara Soetta Terganjal Restu BPTJ

Rezha Hadyan
22 June 2023 19:30

Bus Transjakarta menaikkan penumpang di halte Transjakarta Bundaran Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bus Transjakarta menaikkan penumpang di halte Transjakarta Bundaran Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II belum bisa memastikan kapan uji coba operasional bus Transjakarta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten akan dimulai.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan uji coba operasional bus Transjakarta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih menunggu izin operasi dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Sejauh ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sudah menyatakan kesiapan armada untuk melayani rute tersebut.

“Mereka harus dapat izin dari BPTJ. Kalau Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah kasih lampu hijau. Tetapi secara formal kam harus ada izin yang dikeluarkan oleh BPTJ sebagai penanggung jawab atau regulator di wilayah Jabodetabek,” katanya ketika ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis (22/6/2023).

Awaluddin juga belum bisa memastikan di mana saja titik pemberhentian bus Transjakarta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Namun yang jelas, bus tersebut akan melayani penumpang dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat ke bandara internasional yang mulai beroperasi pada 1985 itu.

“Kita masih mempertimbangkan mana yang [paling] optimal [titik pemberhentiannya]. Kita cari yang paling banyak orang naik dan turun atau terbesar penumpangnya. Itu tetap harus atas persetujuan Transjakarta karena mereka pemilik armada dan penanggung jawab rute,” ujarnya.