Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, sebuah kapal induk di permukaan kehilangan semua komunikasi dengan Titan pada Minggu (18/6/2023). Hal ini terjadi sekitar 1 jam dan 45 menit setelah Titan menyelam untuk menjelajahi lokasi Kapal Titanic tenggelam pada 1912.

Tim pencarian yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada telah bergerak cepat. Mereka sudah menyisir lokasi kejadian yang berada sekitar 900 mil sebelah timur Cape Cod, Massachusetts. 

Prancis pun telah mengirimkan sebuah kapal yang dilengkapi dengan robot bawah air yang dapat menyelam hingga keberadaan bangkai Kapal Titanic, atau sekitar 4.000 meter di bawah permukaan laut. Sejumlah kapal swasta yang memiliki kemampuan mendeteksi obyek di bawah laut pun telah terlibat dalam operasi pencarian.

OceanGate Expeditions, operator Titan dan perjalanan wisata Titanic, memimpin upaya pencarian bawah air karena paling hafal tentang lokasi situs tersebut. 

Sebelumnya, sebuah klub eksplorasi bawah laut internasional yang terlibat dalam operasi pencarian sempat memberikan sedikit harapan dengan mengatakan masih adanya tanda-tanda kehidupan. Meski demikian, mereka tak membeberkan apa yang dimaksud dengan tanda-tanda kehidupan tersebut. 

"Kami memahami bahwa kemungkinan tanda-tanda kehidupan telah terdeteksi di lokasi tersebut," kata Richard Garriott de Cayeux, presiden klub tersebut. "Kami menunggu kabar baik yang semoga saja baik." 

Klub ini pun mengonfirmasi bahwa anggotanya, Hamish Harding, yang merupakan pendiri perusahaan investasi Action Group; serta seorang petualang dan pakar maritim Prancis Paul Henry Nargeolet ada di dalam kapal Titan. Tiga orang lainnya adalah pendiri OceanGate, Stockton Rush; serta keluarga terkemuka Pakistan, Shahzada dan Suleman Dawood. 

Klub Penjelajah sendiri mengklaim tengah meminta izin untuk mengoperasikan sebuah kendaraan bawah laut kendali jarak jauh milik perusahaan eksplorasi Magellan. Peralatan ini diklaim mampu mencapai kedalaman 6.000 meter di bawah permukaan laut. Alat ini juga sudah berulang kali menyusuri bangkai Kapal Titanic.

"Kami yakin mereka dapat memberikan bantuan yang tak ternilai," kata de Cayeux.

Pada situsnya, Magellan sendiri menyatakan telah diminta sepenuhnya untuk membantu pencarian Kapal Selam Titan. OceanGate kabarnya telah meminta Magellan untuk menerbangkan peralatan dan kru yang diperlukan ke Newfoundland.

Kapten Penjaga Pantai AS, Jamie Frederick tidak mau mengatakan apakah ada cukup waktu untuk mengangkat kapal selam tersebut seandainya pun segera ditemukan. Pada konferensi pers hari Selasa di Boston tersebut, dia mengklaim prioritas utama saat ini adalah menemukan kapal Titan.

"Jika kapal selam itu ditemukan, maka para ahli perlu mencari tindakan terbaik untuk memulihkannya," kata Frederick.

Titan sendiri adalah kapal selam sepanjang 6,7 meter yang terbuat dari serat karbon dan titanium. Kapal wisata ini dirancang untuk beroperasi pada kedalaman maksimum 4.000 meter.

--Dengan bantuan dari Guillermo Molero.

(bbn)

No more pages