Logo Bloomberg Technoz

Sebanyak 16.990 ASN Mulai Bekerja di IKN Tahun Depan

Sultan Ibnu Affan
12 June 2023 13:40

Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan rencana pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) terus dipersiapkan oleh pemerintah. Tahap pertama mulai tahun depan, ASN, TNI, dan Polri yang akan dipindahkan sebanyak 16.990 orang. Jumlah itu terdiri dari 11.274 ASN dari 40 kementerian dan lembaga serta aparat dan ASN TNI/Polri sebanyak 5.716 personel.

"Progres pembangunan (IKN Nusantara) berjalan baik dan luar biasa. Tentunya ini diharapkan dapat menunjang target pemerintah untuk pemindahan ibu kota serta kepindahan ASN, TNI, Polri tahap awal pada 2024 nanti," kata Anas.

Di IKN pemerintah juga akan membangun sarana olah raga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lain sebagainya. Juga ada lembaga sekolah dan fasilitas rumah sakit. Hal ini dianggap bisa mendukung para ASN agar bisa bekerja dengan baik.

Diketahui Anas sempat mengunjungi IKN pada dua hari lalu. Dalam peninjauan tersebut, dia mendorong percepatan terbentuknya Mal Pelayanan Publik (MPP) di IKN Nusantara. Pembentukan MPP kata dia untuk mempermudah pelayanan publik pada masyarakat.

"Kementerian PANRB terus mendorong dan siap membantu agar pelayanan publik mudah, cepat, dan efisien dengan pengitegrasian layanan publik melalui MPP. Kami berharap secepatnya MPP dapat hadir khususnya MPP Digital di IKN," lanjut dia sebagaimana dirilis web resmi kementerian, dikutip Senin (12/6/2023).