Logo Bloomberg Technoz

UBS dan Pemerintah Swiss Sepakati Garansi Kerugian US$ 10 Miliar

News
09 June 2023 16:10

UBS dan Credit Suisse Tak Mungkin Dikawinkan
UBS dan Credit Suisse Tak Mungkin Dikawinkan

Marion Halftermeyer - Bloomberg News - 

Bloomberg, UBS Group AG menyelesaikan kesepakatan dengan pemerintah Swiss untuk menutupi kerugian 9 miliar franc Swiss, setara US$9,9 miliar yang mungkin timbul dari upaya penyelamatan Credit Suisse Group AG. Kesepakatan itu menghilangkan rintangan besar untuk menutup drama pengambilalihan yang bersejarah.

Perjanjian antara bank dan pemerintah ditandatangani pada 9 Juni hari ini, akan mencakup portofolio spesifik aset Credit Suisse, yang sesuai dengan 3% dari aset gabungan bank hasil merger, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Kesepakatan itu menghilangkan salah satu hambatan terakhir untuk pengambilalihan senilai US$3,3 miliar, yang ditengahi oleh pemerintah pada bulan Maret ketika Credit Suisse meluncur menuju kebangkrutan. UBS telah mendorong perlindungan dari kerugian yang sulit diprediksi dari serangkaian aset Credit Suisse yang rencananya akan dihentikan atau dijual. Bank Swiss baru-baru ini mengatakan bahwa kesepakatan itu bisa terjadi paling cepat pada hari Senin, menciptakan raksasa keuangan dua kali ukuran ekonomi Swiss.

Berdasarkan ketentuan perjanjian, UBS akan menanggung kerugian 5 miliar franc pertama, dengan pemerintah mengambil alih 9 miliar franc berikutnya. Portofolio aset terutama mencakup pinjaman, derivatif, aset warisan, dan produk terstruktur dari unit non-inti Credit Suisse, kata pemerintah.