Logo Bloomberg Technoz

Instagram, TikTok, dan Platform Lain Berlomba Buat Chatbot AI

Whery Enggo Prayogi
09 June 2023 15:50

Ilustrasi karyawan pada industri teknologi. (dok Bloomberg)
Ilustrasi karyawan pada industri teknologi. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Instagram terus mengembangkan fitur baru, salah satunya chatbot dengan bantuan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan), bersamaan dengan beberapa platform pesaing lain di tengah naiknya pamor generatif AI di dunia.

Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer (CEO) Meta Platforms Inc —yang merupakan induk dari Instagram— pada Kamis kemarin menyatakan terus mengembangkan bisnis kecerdasan buatan ini, meski tidak secara spesifik bercerita pengembangan Instagram.

Mark memaparkan pengembangan AI atas produk-produk perusahaan. Hal yang terkait dengan fitur di Instagram adalah AI Media Editing, dimana pengguna dijanjikan dapat mengedit atau mengubah foto dengan perintah teks. Meski terdapat pula strategi yang disampaikan perusahaan; AI Agents dan Internet Tools.

Salah seorang mobile developer dan reverse engineer, yang juga seleb Twitter, Alessandro Paluzzi mem-post  apa yang ia sebut sebagai chatbot AI pada aplikasi Instagram.

Pada fitur yang dikabarkan sedang masuk tahap pengembangan ini, terdapat agen AI. Ia bertugas menjawab pertanyaan pengguna, atau sekedar memberikan saran. Perusahaan menyiapkan 30 personaliti yang berbeda yang bisa disesuaikan dengan persona pengguna.