Logo Bloomberg Technoz

Alasan Partai Demokrat Ingin Anies Segera Deklarasi Nama Cawapres

Sultan Ibnu Affan
07 June 2023 19:15

Partai Demokrat saat mengajukan daftar bakal caleg di KPU. (Tangkapan layar Youtube KPU)
Partai Demokrat saat mengajukan daftar bakal caleg di KPU. (Tangkapan layar Youtube KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengungkapkan alasan partainya mendesak Anies Baswedan segera mengumumkan nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Menurut dia, partai koalisi akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengumpulkan dukungan jika nama capres dan cawapres sudah ditetapkan.

Meski demikian, putera Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut memastikan keberadaan Partai Demokrat pada Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sudah final. Dia mengklaim, koalisi yang juga beranggotakan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut semakin solid.

"Sebaliknya kalau kurang waktu, rasanya juga kita harus bekerja jauh lebih rumit lagi," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (7/6/2023).

Dia mengatakan telah menyampaikan kepada Anies dan anggota koalisi soal luas wilayah Indonesia. Menurut dia, seorang capres dan cawapres butuh waktu sangat panjang untuk menyambangi seluruh konsituennya. 

Sehingga, kata AHY, semakin cepat deklarasi capres-cawapres KPP akan mempermudah proses pengenalan dan kampanye ke masyarakat. "Indonesia itu luas bukan negara kontinental yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat saja, seringkali lewat udara," ujar dia.

Silaturahmi Sekber Koalisi KIB Pendukung Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat. (Bloomberg Technoz/ Sultan IbnunAffan)