Logo Bloomberg Technoz

Ada Opsi Merger dengan Hutama Karya, WSKT Tetap Jadi Emiten BEI?

Sultan Ibnu Affan
05 June 2023 19:30

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian BUMN memiliki opsi untuk menjadikan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) sebagai anak usaha PT Hutama Karya (HK). Opsi ini merupakan bagian dari rencana merger BUMN Karya.

Setelah restrukturisasi WSKT rampung, saham pemerintah di WSKT akan diinbrengkan ke HK. "Ini baru ide sementara, jadi belum pasti, jadi diinbrengkan saham pemerintah (di WSKT) ke HK," kata Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Senin (5/6/2023).

Pemerintah saat ini memiliki 21,7 miliar atau setara 75,34 miliar saham WSKT atau setara 75,35%. Sementara, masyarakat memiliki 24,65% saham WSKT.

Wakil menteri dengan sapaan akrab Tiko itu memastikan, WSKT tidak akan mundur dari bursa saham selepas merger. "Tidak delisting, karena publik tetap ada, hanya saham pemerintah saja yang diinbrengkan," tandas Tiko.

Jika opsi itu yang diambil, WSKT akan diuntungkan. Menurut Tiko, berubahnya posisi WSKT menjadi anak usaha HK akan membuat WSKT lebih mudah memperoleh proyek. Berbeda dengan situasi saat ini yang mana WSKT kesulitan mendapatkan proyek karena kondisi keuangan yang tidak sehat.