Logo Bloomberg Technoz

"Jadi, tujuan ke depan itu ada proyek dari induk. Sekarang, ikut bid (proyek) di mana-mana tapi kalah bersaing. Nanti, bukannya untung malah boncos terus, dapat proyek tapi rugi terus. Kalau di bawah HK bisa dikasih proyek dengan margin terukur" terang Tiko.

Namun, sebelum opsi itu dijalankan, Kementerian BUMN ingin lebih dulu memastikan restrukturisasi WSKT rampung. Pasalnya, HK juga memiliki tugas yang berat karena ada proyek Trans Sumatera.

Tiko menambahkan, penyelesaian dua proyek tol PT Waskita Karya Tbk (WSKT) akan dialihkan pengerjaannya ke PT Hutama Karya Tbk (HK). Keduanya adalah, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan Kaayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

Seiring dengan pengalihan tersebut, Kementerian BUMN mengusulkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) Rp12,5 triliun untuk HK. "Kami mengajuan PMN untuk menyelesaikan beberapa ruas tol melalui HK, ada ruas tol Bocimi dan Kapal Betung," jelas Tiko.

Jika disetujui, HK akan mengantongi PMN total senilai Rp22,5 triliun. Senilai Rp10 triliun digunakan untuk pendanaan masa operasi dan Rp12,5 triliun untuk menyelesaikan proyek tol WSKT.

(ibn/dhf)

No more pages