Logo Bloomberg Technoz

Tingginya tingkat pinjaman pemda di China adalah risiko keuangan nomor satu tahun ini bagi investor di seluruh Asia, menurut survei Bloomberg baru-baru ini. Banyak otoritas lokal menghadapi tekanan fiskal yang parah setelah pendapatan dari penjualan tanah, sumber utama pendapatan pemerintah, anjlok di tengah penurunan pasar properti.

Hal tersebut mengurangi kemampuan mereka untuk meningkatkan dukungan bagi ekonomi saat pemulihan melemah.

Goldman Sachs Group Inc. memperkirakan bahwa utang pemerintah China, termasuk dari sumber luar neraca, mencapai 156 triliun Yuan atau 126% dari produk domestik bruto tahun lalu. Riset dari Rhodium Group menunjukkan separuh kota di China mengalami kesulitan dalam mengatur pembayaran bunga atas utangnya.

Perhatian sangat tinggi terhadap apa yang disebut utang tersembunyi, pinjaman di luar neraca yang dihimpun oleh lembaga finansial atas nama pemerintah daerah. Beberapa daerah, seperti kota Guiyang di barat daya dan Hohhot di utara, mengakui sangat sulit bagi mereka untuk menangani utang sendiri.

Adalah pembiayaan pemerintah daerah, atau LGFV, terkait dengan kota Kunming bulan lalu nyaris mengalami gagal bayar obligasi.

Grafik defisit pengeluaran pemerintah China (Sumber: Bloomberg)

Wang Tao, kepala ekonom China di UBS Group AG, mengatakan ‘tidak realistis’ untuk mengharapkan pemerintah pusat turun tangan dan menyelamatkan pemerintah daerah karena kekhawatiran akan moral hazard, situasi di mana bailout mendorong bisnis atau pemerintah daerah untuk mengambil utang yang lebih berisiko.

China mungkin akan mengandalkan bank untuk merestrukturisasi utang dan mendorong otoritas lokal untuk menjual aset selain tanah, seperti saham perusahaan milik negara, katanya. Gagal bayar kemungkinan akan dihindari dengan mengorbankan margin keuntungan bank.

Dalam jangka panjang, “akan ada peran yang lebih kecil yang dimainkan oleh pemerintah, terutama pemerintah daerah, dalam perekonomian secara keseluruhan” karena akan ada lebih sedikit pendapatan dari tanah. Oleh karena itu, lebih sedikit sumber daya keuangan untuk berinvestasi dalam infrastruktur, kata Wang. Akan sangat sulit untuk menaikkan pajak “secara signifikan yang akan mengimbangi penjualan tanah,” katanya.

(bbn)

No more pages