Logo Bloomberg Technoz

“Saya pikir sistemnya disalahgunakan,” kata Ali Sherief, developer Bitcoin. “Bitcoin tidak pernah dimaksudkan sebagai untuk token meme.”

Dalam email kepada grup pengembang aset digital terbesar itu, Sherief sebelumnya menulis bahwa token-token yang tidak bernilai telah mengancam kelancaran dan penggunaan normal jaringan Bitcoin sebagai mata uang digital peer-to-peer.

Sementara yang lainnya membela adanya inovasi perangkat lunak, sebut saja Ordinals, yang memungkinkan blockchain Bitcoin menjadi tuan rumah sejumlah besar memecoin dan token yang tidak dapat dipertukarkan, atau koleksi digital (digital collectibles) untuk pertama kalinya.

Developer Casey Rodarmor membuat Ordinals dan memungkinkan pengguna menginskripsi konten digital seperti video, gambar, dan teks pada satoshi, unit terkecil Bitcoin. Ada 100 juta satoshi dalam satu Bitcoin.

Rata-rata biaya transaksi di jaringan Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

Inovasi Rodaarmor diluncurkan tahun ini dan digunakan oleh analis blockchain dengan nama samaran Domo. Tujuannya mengembangkan standar Bitcoin Request for Comment — atau BRC-20 —, yang menyebabkan ledakan memecoin.

Saat ini ada sekitar 25.000 token meme di blockchain Bitcoin dengan nilai pasar sekitar US$475 juta, menurut situs web brc-20.io. Angka tersebut telah melonjak melewati US$1 miliar pada awal Mei.

Jameson Lopp, salah satu pendiri penyedia solusi penyimpanan kripto Casa, mengatakan, jaringan Bitcoin itu dimaksudkan untuk menjadi pasar lelang untuk blockspace, yang merupakan tempat penyimpanan data – dan Ordinals hanya memicu permintaan untuk itu.

Pada satu titik di bulan lalu token meme dan NFT menyumbang 65% dari transaksi di blockchain Bitcoin. Proporsi telah turun kembali tetapi tetap tinggi. Biaya rata-rata per transaksi mulai April di US$2,80, dan mencapai US$30 pada awal Mei dan menjadi US$4 pada akhir bulan, merujuk pada data Coinmetrics.

Lonjakan biaya telah menjadi keuntungan bagi para penambang, operator rig komputer yang mendukung Bitcoin. Mereka telah meraup US$45 juta dari aktivitas terkait Ordinals, menurut angka Dune Analytics. 

Aktivitas terkait memecoin dan NFT naik di blockchain Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

Bitcoin sendiri turun hampir 8% di bulan Mei di tengah turbulensi pada blockchain-nya. Token, yang telah pulih lebih dari 60% pada tahun 2023, tergelincir sekitar 1,7% menjadi US$26.800 pada pukul 6:06 pagi di London pada Senin.

Bagi pengembang veteran Bitcoin, Luke Dashjr, transaksi Ordinals seperti spam dan harus dijauhkan dari blockchain Bitcoin. Dia bahkan membuat program yang dinamakan Ordisrespector.

“Tindakan seharusnya sudah diambil beberapa bulan yang lalu,” tulis Dashjr di grup pengembang. “Penyaringan spam telah menjadi bagian standar Bitcoin Core sejak awal.”

(bbn)

No more pages