Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Desak Rusia-Ukraina Segera Gencatan Senjata

News
03 June 2023 15:30

Menhan, Prabowo Subianto dalam acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue ke-20. (Dok. Kemhan)
Menhan, Prabowo Subianto dalam acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue ke-20. (Dok. Kemhan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendesak Ukraina dan Rusia untuk segera memulai negosiasi perdamaian. Dia mengusulkan beberapa garis besar saran resolusi konflik.

Hal itu ia sampaikan dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 20th Asia Security Summit, Singapura, Jumat (2/6).

"Karena itu saya ingin mengambil kesempatan ini untuk merekomendasikan bagi saudara-saudara kita di Ukraina dan di Rusia untuk secepat mungkin menghentikan permusuhan,” kata Prabowo dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (3/5/2023).

Ia mengusulkan agar Dialog Shangri-La ini dapat menemukan cara yang mendesak Ukraina dan Rusia untuk segera memulai negosiasi perdamaian. Ia pun menyampaikan lima sarannya untuk resolusi konflik Rusia-Ukraina.

Lima saran tersebut meliputi, pertama, gencatan senjata. Dalam hal ini penghentian permusuhan di tempat pada posisi saat ini dari kedua pihak yang tengah berkonflik.