Logo Bloomberg Technoz

Sifat campuran dari laporan tersebut dapat memvalidasi pendekatan Ketua Fed Jerome Powell untuk menghentikan kenaikan suku bunga untuk menilai dampak kenaikan lima poin persentase sejauh ini. 

Pejabat lain juga telah menyuarakan dukungan untuk mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan bulan ini, sambil membiarkan pintu terbuka untuk melanjutkan pengetatan pada bulan Juli, karena tekanan harga tetap kuat dan ancaman gagal bayar utang AS telah dihindari.

Laporan ketenagakerjaan itu adalah salah satu rilis besar terakhir yang akan dilihat oleh bank sentral sebelum mereka bertemu pada 13 Juni untuk pertemuan dua hari. Pagi itu, mereka juga akan melihat laporan indeks harga konsumen Mei.

Dua Survei

Survei ketenagakerjaan terdiri dari dua jenis: salah satu rumah tangga, di mana tingkat pengangguran berasal, dan yang lainnya dari bisnis, yang menghasilkan angka gaji dan upah.

Rincian survei rumah tangga menunjukkan orang yang memasuki angkatan kerja mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Ada juga peningkatan orang yang sebelumnya bekerja yang mendapati diri mereka menganggur.

Survei bisnis, bagaimanapun, menggambarkan kekuatan. Penggajian mengalahkan perkiraan selama 14 bulan berturut-turut, dan upah di antara pekerja yang tidak berada dalam peran manajemen – sebagian besar angkatan kerja – naik 0,5%, tertinggi dalam enam bulan.

Apa Kata Ekonomi Bloomberg...

“Laju kenaikan gaji yang sangat kuat untuk bulan Mei – lebih kuat dari perkiraan tertinggi dalam survei ekonom Bloomberg – menggarisbawahi kesulitan untuk mendapatkan pembacaan yang bersih di pasar tenaga kerja. Dalam pandangan kami, pasar tenaga kerja lebih lemah daripada yang ditunjukkan oleh angka utama, dengan pekerjaan rumah tangga sebenarnya mengalami kontraksi pada Mei.”

— Anna Wong, Stuart Paul dan Eliza Winger, ekonom

Tingkat partisipasi angkatan kerja - bagian dari populasi yang bekerja atau mencari pekerjaan - tidak berubah di 62,6%. Untuk mereka yang berusia 25-54 tahun, naik ke level tertinggi sejak 2007, dipimpin sepenuhnya oleh perempuan.

Penghasilan per jam rata-rata naik 0,3% pada Mei setelah direvisi turun 0,4% sebulan sebelumnya. Dari tahun lalu, mereka naik 4,3%, menyamai kenaikan terkecil sejak pertengahan 2021.

Dalam tanda yang memprihatinkan tentang permintaan, rata-rata minggu kerja turun menjadi 34,3 jam, terendah sejak April 2020. Pengusaha cenderung mengurangi jam kerja sebelum staf ketika ekonomi mulai melemah.

(bbn)

No more pages