Logo Bloomberg Technoz

Jembatan Kretek II Diresmikan Jokowi, Apa Saja Manfaatnya

Sultan Ibnu Affan
02 June 2023 21:20

Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Resmikan Jembatan Kretek II, Bantul, 2 Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Resmikan Jembatan Kretek II, Bantul, 2 Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jembatan Kretek II baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jembatan itu berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jembatan sepanjang 2,7 kilometer yang membentang di atas Sungai Opak tersebut disebut memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Ini manfaatnya sangat besar sekali untuk menyingkat waktu, untuk mengurangi pengeluaran bagi pengunjung, dan sebagainya sehingga masyarakat sangat apresiasi apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat lewat pemerintah daerah sekarang sudah terlaksana,” ujar Lurah Parangtritis, Topo dalam keterangannya pada Jumat (2/6/2023) sebagaimana dirilis oleh Sekretariat Kabinet.

Dia mengatakan terbantu dengan dukungan banyak pihak dalam pembangunan Jembatan Kretek II sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Topo juga menyebut jembatan tersebut sudah lama dinantikan kehadirannya oleh masyarakat.

“Bapak Presiden, pak (Menteri) PUPR, pak Gubernur, pak Bupati, semua pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga sekarang menjadi kenyataan yang diidam-idamkan masyarakat bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

Sementara Ida, seorang penjual sate koyor yang sehari-hari berdagang di sekitar kawasan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Bantul mengatakan juga akan terbantu dengan adanya jembatan ini. Menurut Ida, hasil usahanya mulai meningkat sejak adanya Jembatan Kretek II.