Logo Bloomberg Technoz

Waspada Pencurian Data File Apk dan Pdf Dikirim via WhatsApp

Ezra Sihite
01 June 2023 17:40

Microsoft Peringatkan Adanya Bahaya Serangan Ransomware oleh Rusia (Sumber: Bloomberg)
Microsoft Peringatkan Adanya Bahaya Serangan Ransomware oleh Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masyarakat perlu waspada dengan modus baru phising pencurian data yang bisa dilakukan pelaku kejahatan siber. Setelah sebelumnya ramai pengiriman file Apk yang jika diklik dan dibuka bisa memberikan akses ke pengirim link 'tautan' data penerima, kini modus berubah.

File yang dikirim tampak tertulis lewat WhatsApp dengan bentuk Pdf. Modus pengiriman lewat WhatsApp atau WA bisa berbagai jenis dengan mengatasnmakan bank tertentu misalnya, mengatasnamakan file untuk surat tilang dan lainnya. Sebelumnya dengan file Apk dikirim dengan mengatasnamakan undangan dan sebagainya.

William S (42), salah satu warga yang mengatakan mendapatkan kiriman file ke WA dengan mengatasnamakan bank swasta tertentu tapi WA terkirim dari nomor ponsel biasa.

Di dalamnya ada tombol "Lihat" yang mengarahkan untuk dibuka. Namun dia mengaku karena sudah mendengar informasi soal phising lewat file, langsung memblokir nomor tersebut.

"Saya langsung blokir dan opsi laporkan nomor tersebut. Semoga semua masyarakat lebih waspada," kata dia, Kamis (1/6/2023).