Logo Bloomberg Technoz

Macron Jumpa Elon Musk Bahas Investasi Baterai Listrik di Prancis

News
15 May 2023 21:00

Emmanuel Macron dan Elon Musk (Dok Bloomberg)
Emmanuel Macron dan Elon Musk (Dok Bloomberg)

Ania Nussbaum, Bloomberg News 

Bloomberg, Presiden Prancis Emmanuel Macron akan bertemu pemilik Tesla Inc., Elon Musk, pada Senin (15/5/2023) waktu setempat, dalam rangkaian pertemuan 200 pebisnis dunia di Versailles, dalam upaya menarik investasi asing ke dalam negeri.

Macron memang dalam upaya meningkatkan profil negaranya di mata investor dunia. Prancis memiliki ambisi sebagai pusat produsen baterai mobil listrik dan bahan terkait. Elon Musk, yang tercatat sebagai orang terkaya nomor dua di dunia itu, jadi perwakilan perusahaan mobil listrik miliknya sendiri, Tesla.

Dalam wawancaranya dengan BFM TV, Bruno Le Maire, Menteri Keuangan Prancis mengatakan bahwa pembicaraan dengan Musk tengah berlangsung, termasuk peluang investasi Tesla di Prancis, tanpa penjelasan detail lebih lanjut.

Macron tengah membenahi situasi lewat jabatan periode keduanya sebagai Presiden Prancis. Sebelumnya gelombang protes dari pengunjuk rasa hadir karena reformasi pensiun yang direncanakan pemerintahan Macron. Kala itu setengah juta orang dilaporkan turun ke jalan di seluruh Prancis untuk menentang kebijakan menaikkan usia pensiun.