Logo Bloomberg Technoz

Libur Panjang, Penumpang Kereta Api Melonjak 2 Kali Lipat

Sultan Ibnu Affan
01 June 2023 14:00

Penumpang kereta api tiba saat arus balik mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Penumpang kereta api tiba saat arus balik mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Libur panjang mulai hari ini dimanfaatkan masyarakat berlibur ke luar kota. Moda transportasi kereta api mengalami lonjakan penumpang dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Berdasarkan dara dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) tercatat sebanyak 99.000 penumpang berangkat dari stasiun Gambir dan Pasar Senen ke berbagai daerah di Pulai Jawa.

Berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari ini Kamis 1 Juni 2023, total terdapat sekitar 32 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Dari jumlah tersebut 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir. 

Jumlah penumpang tersebut naik dua kali lipat dibandingkan rata-rata penumpang di hari biasa.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa meminta penumpang kereta api memperhatikan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.