Logo Bloomberg Technoz

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. 

"Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, diantaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik.penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," kata Eva dalam siaran pers yang disampaikan kepada media, Kamis (1/6/2023).

Pada Gapeka 2023 akan terdapat 4 penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta, sehingga total perjalanan menjadi 144 KA. 

Berikut daftar 4 KAJJ baru yang mulai beroperasi saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni 2023 : 

  1. KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB
  2. KA Manahan relasi Gambir – Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB
  3. KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya Pasarturi - Jember keberangkatan pukul 20.05 WIB
  4. KA Argo Merbabu relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan pukul 14.20 WIB 

Selain itu saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni, terdapat 4 KA Jarak Jauh (KAJJ) pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, Stasiun Jatinegara hanya melayani turun penumpang KAJJ. 

Berikut daftar 4 KAJJ yang akan melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023 : 

  1. KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 06.46 WIB
  2. KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 09.06 WIB
  3. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat Jatinegara Pkl 16.56 WIB
  4. KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 18.46 WIB 

Adapun ke empat KAJJ yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan KA dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir. Sehingga melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara diharapkan para pelanggan KA khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat. 

Untuk info selengkapnya terkait penjualan tiket dan jadwal terbaru KA penumpang mulai 1 Juni 2023, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

(ibn/hps)

No more pages