Logo Bloomberg Technoz

Konsumen RI Takut Beli Smartphone, Penjualan Q1-2023 Drop 12%

Houtmand P Saragih
01 June 2023 11:40

Ilustrasi Smartphone Samsung (Sumber: David Paul Morris/Bloomberg)
Ilustrasi Smartphone Samsung (Sumber: David Paul Morris/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penjualan smart smartphone di Indonesia melambat atau turun 11,9% secara tahunan (year-on-year) pada kuartal I-2023 menjadi 7,9 juta unit. Perlambata penjualan tersebut terungkap dari data International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Meskipun ada momen ramadan di akhir kuartal I tapi tidak cukup kuat mendorong belanja masyarakat membeli handphone. 

"Bulan Ramadan yang datang lebih awal tahun ini sedikit mendorong kegiatan belanja di akhir kuartal pertama tahun ini, namun tidak cukup kuat untuk mendorong pertumbuhan pasar yang masih jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu," sebut anessa Aurelia, Associate Market Analyst, IDC Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Bloomberg Technoz, Rabu (31/5/2023).

Pasar Smartphone Indonesia, 5 Perusahaan Teratas dalam Pengiriman (Shipments), Pangsa Pasar (Market Share), dan Pertumbuhan YoY, 1Q23

Smartphone pada rentang harga US$200 atau sekitar Rp3 juta, 76% dari total penjualan, masih menjadi unit yang paling banyak dibeli masyarakat. Namun penjualan pada segmen ini tercacat mengalami penurunan 8% di tengah penurunan konsumsi masyarakat. 

Sementara, handphone pada kisaran harga US$ 200-US$600 atau Rp3 juta-Rp9 juta mengalami penurunan paling dalam, sebanyak 35% secara tahunan.