Logo Bloomberg Technoz

Pendapatan Xiaomi Turun 19% karena Bisnis Smartphone Melandai

News
24 May 2023 19:25

Xiaomi. (dok Bloomberg)
Xiaomi. (dok Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Perusahaan teknologi, elektronik Xiaomi Corp. mengalami penurunan pendapatan 19% secara kuartalan. Hal ini cermin dari jatuhnya permintaan pada bisnis elektronik dan internet di tengah tersendatnya pertumbuhan ekonomi China.

Seluruh lini bisnis Xiaomi mengalami penurunan penjualan dengan motor utama adalah smartphone. Pendapatan pada sektor ini turun 24%, bahkan pada transaksi ekspor turun 28%. Hal ini tentu memengaruhi capaian laba perusahaan pada periode yang sama, namun akan lebih baik pasca perusahaan memangkas biaya dan keuntungan investasi Xiaomi.

Perusahaan berada di tengah transformasi industri pada modal, yang disebut oleh founder sekaligus chairman, Lei Jun, sebagai langkah besar terakhir. Xiaomi masih tetap dikenal dengan perusahaan dengan model bisnis keuntungan terbatas pada lini smartphone namun dengan fitur melimpah.

Kini perusahaan masuk pada pasar kendaraan listrik, yang juga tengah disesaki pelaku industri. Xiaomi dikabarkan menginvestasikan sejumlah dana dan waktu dalam proyek kendaraan listrik.