Logo Bloomberg Technoz

Nilai Nvidia Lampaui Rp15.000 T, Setara Apple, Amazon & Alphabet

News
31 May 2023 11:20

Jansen Huang CEO Nvidia (Sumber: Bloomberg)
Jansen Huang CEO Nvidia (Sumber: Bloomberg)

Ryan Vlastelica dan Ian King - Bloomberg News

Bloomberg -  Valuasi pasar Nvidia Corp. dengan cepat melewati ambang batas US$1 triliun atau Rp15.000 triliun pada Selasa (30/05/2023) setelah prospek kecerdasan buatan (AI) perusahaan cip tersebut memasukkannya dalam klub elit, yang hanya terdiri dari lima perusahaan Amerika Serikat (AS). Saham naik sebanyak 7,7% di awal sesi, menempatkan valuasi Nvidia menebus batas US$1 triliun, sebelum terjadi koreksi atas pencapaian tersebut soreharinya.

Alphabet Inc., Amazon.com Inc., Apple Inc., dan Microsoft Corp. adalah empat perusahaan di  AS lain yang memiliki valuasi triliunan dolar, dan kurang dari 10 perusahaan secara global mencapai angka tersebut.

Saham Nvidia naik 3% menjadi US$401,11 pada penutupan di New York, menempatkan kapitalisasi pasarnya pada US$990,7 miliar.

Tidak ada perusahaan lain yang mewujudkan obsesi Wall Street saat ini terhadap AI selain Nvidia. Mereka menjadi pembuat cip khusus terbesar di dunia yang dibutuhkan untuk menggerakkan generasi baru produk AI, melampaui capaian Advanced Micro Devices Inc. dan Intel Corp.