Logo Bloomberg Technoz

Mendag AS Soal China Blokir Cip Micron: Tak Bisa Ditolerir

News
28 May 2023 15:19

Ilustrasi industri cip semikonduktor. (dok Bloomberg)
Ilustrasi industri cip semikonduktor. (dok Bloomberg)

Sam Kim dan Eric Martin – Bloomberg News

Bloomberg, Sekretaris Perdagangan Gina Raimondo mengatakan Amerika Serikat (AS) "tidak akan mentolerir" keputusan yang diumumkan baru-baru ini oleh otoritas China yang melarang chip Micron Technology Inc di beberapa sektor kritis. 

“Kami melihatnya secara sederhan dan jelas, bahwa ini pemaksaan ekonomi. Kami tidak akan mentolerirnya, kami juga tidak berpikir hal ini akan berhasil,” katanya dikutip dari Bloomberg News, Minggu (28/5/2023).

Tensi ketegangan kedua negara kembali tinggi. Pada minggu lalu Cyberspace Administration of China memperingatkan operator infrastruktur utama agar tidak membeli chip Micron, perusahaan yang berbasis di Idaho. Mereka mengatakan menemukan risiko "relatif serius" setelah menyelesaikan tinjauan yang diumumkan pada bulan Maret. Hal ini tak lama setelah larangan besar-besaran oleh AS pada bulan Oktober atas ekspor chip kelas atas ke China dan teknologi.

Pernyataan Raimondo hari Sabtu waktu setempat muncul setelah kedua belah pihak memiliki kesempatan untuk menyampaikan keluhan secara langsung dan berjanji untuk menjaga komunikasi tetap terbuka ke depannya.