Logo Bloomberg Technoz

Tren AI Jadikan Perusahaan Cip Tumbuh, Tak Cuma Nvidia

News
30 May 2023 13:15

Ilustrasi Chip (Bloomberg)
Ilustrasi Chip (Bloomberg)

Tim Culpan - Bloomberg News

Bloomberg,  Nilai pasar Nvidia Corp. naik US$207 miliar hanya dalam dua hari, usai produsen chip Amerika Serikat (AS) ini menyatakan akan mendapatkan prospek pendapatan luar biasa usai masa buruk industri semikonduktor, pada 24 Mei lalu. Nvidia mendapat angin segar dari peningkatan permintaan terkait industri kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Namun Nvidia tidak sendiri, ada beberapa perusahaan teknologi lain yang disinyalir akan kecipratan untung lebih besar.

Ada banyak cara untuk melihat proyeksi ini dan berhitung lebih jauh dalam sebuah konteks. Angka penjualan Nvidia 53% lebih tinggi dari hasil konsensus analis, dan 33% lebih tinggi dari rekor perusahaan sebelumnya yang tercipta Maret tahun lalu.

Lonjakan harga Nvidia pada hari pertama merupakan kenaikan terbesar  ketiga dalam sejarah AS, juga menjadi rekor kenaikan selama dua hari, melampaui kapitalisasi pasar dari 48 saham di seluruh dunia.

Di tengah Nvidia yang mengalami lonjakan valuasi US$200 miliar, terdapat dua perusahaan yang berpotensi serupa. Mereka ada perusahaan enablers revolusi AI, yaitu SK Hynix Inc. asal Korea Selatan dan Micron Technology Inc., asal Boise, AS. Mereka diketahui menguasai 52% pasar dunia untuk produk random-access memory (RAM). Bila digabungkan keduanya bernilai US$140 miliar.