Logo Bloomberg Technoz

Blok Masela Terancam Mangkrak, Pemerintah Buka Opsi Lelang Ulang

Rezha Hadyan
26 May 2023 15:20

Ilustrasi minyak dunia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi minyak dunia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka opsi lelang ulang proyek gas alam  liquified natural gas (LNG) Lapangan Abadi Blok Masela lantaran proyek tersebut tidak kunjung menunjukkan kemajuan hingga saat ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan dirinya sedang mempertimbangkan sejumlah kemungkinan untuk proyek pengelolaan Lapangan Abadi Blok Masela, termasuk di antaranya adalah lelang ulang. Tentu saja, rencana tersebut akan dilakukan setelah proyek gas alam di Kepulauan Tanimbar, Maluku itu kembali ke pemerintah.

Proyek Lapangan Abadi Blok Masela akan kembali ke negara apabila tidak kunjung digarap hingga 2024. Hal tersebut merupakan kesepakatan antara pemerintah dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) proyek tersebut, yang dalam hal ini adalah Shell Upstream Overseas Services Ltd. dan Inpex Corporation. 

"Kan kalau lima tahun enggak kunjung dilaksanakan atau enggak ada perkembangan apa-apa, ya kami tinjau kembali. Termasuk kemungkinan untuk itu [lelang ulang]. Ini sudah berapa tahun? Sekarang sudah 2023, sudah empat tahun. Makanya, kami sudah ingatkan lagi," katanya ketika ditemui oleh awak media di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (26/5/2023).

Arifin menyebut Shell sebagai biang kerok dari mandeknya proyek Lapangan Abadi Gas Masela selama ini. Dia juga geram lantaran raksasa minyak dan gas (migas) yang bermarkas di Inggris itu memilih hengkang dari proyek tersebut.