Logo Bloomberg Technoz

“Kami akan menciptakan fondasi yang kuat untuk memimpin transisi kendaraan elektrik [electric vehicle/EV] global melalui pendirian pabrik sel baterai EV baru dengan LG Energy Solution, produsen baterai global terkemuka dan mitra lama,” kata Jaehoon Chang, CEO Hyundai Motor Co. dalam pernyataan.

Produsen mobil dan pembuat baterai EV sama-sama makin terburu-buru untuk melakukan investasi di Amerika Utara demi menerima kredit pajak yang diberikan oleh RUU perubahan iklim penting Biden, yaitu Inflation Reduction Act (IRA) of 2022 atau Undang-Undang Pengurangan Inflasi.

Perusahaan Korsel itu juga berusaha untuk mendiversifikasi pasokan baterai EV mereka, pasar yang didominasi oleh China Contemporary Amperex Technology Co. Ltd.

Hyundai berencana menginvestasikan USS$5 miliar untuk pabrik baterai lain bersama SK On Co. di Georgia. Afiliasi Hyundai Mobis Co. akan membuat paket baterai untuk memasok EV yang dibangun di pabrik baru Hyundai di Georgia.

“Dua pemimpin kuat di industri otomotif dan baterai telah bergandengan tangan, dan bersama-sama kami siap mendorong transisi EV di Amerika,” kata Youngsoo Kwon, CEO LG Energy Solution.

Hyundai dan Kia mengirimkan sekitar 119.000 EV selama kuartal pertama 2023, turun 2,2% dari tahun lalu, menurut SNE Research, sebuah firma riset yang berbasis di Seoul.

(bbn)

No more pages