Logo Bloomberg Technoz

Ribuan Anak Korban Pelecehan Seksual 450 Pastor Katolik Illinois

Delia Arnindita Larasati
25 May 2023 16:15

Ilustrasi Gereja. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Ilustrasi Gereja. (Oliver Bunic/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah investigasi dilakukan selama bertahun-tahun, diketahui sebanyak 1.997 anak di negara bagian Illinois menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh 451 pastor Katolik.

Jaksa Agung Illinois, Kwarne Raoul, merilis laporan komprehensif pada Selasa (24/05/2023) yang merinci pelecehan seksual anak dilakukan selama puluhan tahun oleh anggota Keuskupan Katolik Illinois yang meliputi Belleville, Joliet, Peoria, Rockford, dan Springfield.

Berdasarkan laporan sebanyak hampir 700 halaman yang diunggah di situs resmi kantor kejaksaan Illinois, ditampilkan cerita-cerita terinci tentang pelecehan seksual tersebut. Banyak narasi yang ditulis melalui konsultasi dengan para penyintas berdasarkan pengalaman mereka, dan diceritakan dari sudut pandang penyintas.

"Saya dibesarkan dan dikukuhkan di gereja Katolik, dan menyekolahkan anak-anak saya ke sekolah Katolik. Saya percaya gereja melakukan pekerjaan penting untuk mendukung populasi yang rentan," tulis Raoul.

"Namun seperti halnya lembaga yang memiliki reputasi baik, gereja Katolik harus dimintai pertanggungjawaban ketika mengkhianati kepercayaan publik," lanjutnya.